Tahfizh Qur’an, Program Unggulan SMP Modern Al Rifa’ie
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Produktivitas adalah salah satu hal yang paling terlihat saat berkunjung di SMP Modern Al Rifaie. Sekolah yang berada dalam lingkup Pondok Pesantren Al Rifa’ie 2 ini sering mendapatkan julukan “jagonya bikin kegiatan”. Seusai pulang sekolah, para santri beristirahat sebentar dan langsung sibuk mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya adalah Tahfizhul Qur’an.

Sebagaimana ekstrakurikuler lain, kegiatan ini dimulai pukul selama satu jam, mulai dari pukul 13:30 hingga 14:30. Para santri yang mengikuti kelas ini dengan semangat menghidupkan semangat Al Qur’an lewat menghafalnya. Saat banyak anak muda di usia mereka menghabiskan waktunya dengan main gadget, para santri di SMP Modern Al Rifaie memilih untuk menghafal Qur’an.

Kelas ini berlangsung sekali dalam seminggu. Selain setoran hafalan yang rutin, di kelas ini juga akan diajarkan bagaimana metode menghafal yang cepat dan menjaga hafalan tersebut. Ustaz Muhammad Imam Turmuzi yang akrab disapa Ustaz Imam juga menuturkan bahwa “bahwa tahsinul qur’an juga digiatkan di kelas ini, memperbagus dan memperindah bacaan santri adalah hal utama”

Salah satu peserta kelas ini, Afrizal Rizki Ardian mengungkapkan bahwa tujuannya mengikuti kelas ini adalah agar hafalannya lebih banyak dan mampu menjaga hafalan tersebut. Selain itu di kelas ini menjadikannya memiliki waktu lebih dalam muraja’ah.

Selain tentunya yang paling lazim mampu menjaga Qur’an dan membanggakan orang tua, target yang ingin dicapai dari kelas ini adalah diharapkan santrinya mampu berprestasi dan mengamalkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

Menghafal Qur’an mungkin bisa sendiri di rumah. Tapi, dengan memiliki guru dan kelas yang serius, membuat hafalannya menjadi bertarget dan terjaga. Ekstrakurikuler yang diadakan setiap hari Selasa di putra ini telah menjadikan siswa SMP ini tidak hanya memiliki prestasi di bidangnya masing-masing. Lebih jauh dari itu kegiatan ini menjadikan siswa lebih dekat Qur’an dan menghidupkan Al Qur’an dalam hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sibiren.com lahir dari jalanan, rahim kandung peradaban, tanpa beraffiliasi ke organisasi manapun, Kami berkomitmen menjaga independensi dalam setiap gerakan.

Merawat budaya, Menghidupkan tradisi ilmiah dan Mengutamakan kemanusiaan adalah kunci utama dalam membangun jembatan menuju Peradaban Indonesia yang Futurusitik. Inilah jalan kami ikhtiarkan.  Inilah jembatan kecil yang kami sebut Care For Humanity, Hone Intellectuality, Strengthen Spirituality

Sibiren.com dengan semangat ingin menyuguhkan ide yang beragam dalam Indonesia kita. Solidaritas, Intelektualitas dan Spiritualitas adalah 3 hal utama yang menjadi fokus kita untuk di perkuat di Bumi Nusantara sebagai Ikhtiar menuju Bangsa yang memiliki Peradaban Maju.