MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN KEGIATAN JUMAT BERSIH DI DESA WRINGINANOM OLEH MAHASISWA KSM-T UNISMA 2024
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kebersihan lingkungan

“Desa Wringinanom merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Poncokusumo dan berada di sebelah Timur Kabupaten Malang, Di Desa Wringinanom tersebut memiliki 3 dusun yaitu Dsn. Simpar, Dsn. Kunci, dan Dsn. Besuki yang terdiri dari 28 RT dan 6 RW”. Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan oleh Bapak Kepala Desa Wringinanom, yaitu Bapak Ahmad Muslimin.

Pada kegiatan KSM-T UNISMA 2024 yang dilaksanakan di Desa Wringinanom oleh kelompok 05-08 yang terdiri dari kurang lebih 43 mahasiswa yang ditempatkan secara langsung di Dsn. Kunci dan Dsn. Besuki. Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at oleh mahasiswa KSM-T Unisma ini yaitu dalam bentuk membersihkan lingkungan sekitar kontrakan dan khususnya pada tempat ibadah seperti Masjid dan Musholla di sekitar Dsn. Kunci dan Dsn. Besuki. Sehingga banyak manfaat yang akan dirasakan oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar.

Baca juga: Pengabdian Masyarakat, KSM-T Unisma Revitalisasi Warna Musholla

Dikarenakan kerja bakti tersebut secara rutin dilaksanakan pada setiap hari Jum’at oleh mahasiswa, maka dapat disebut dengan kegiatan Jum’at bersih. Dan setelah kegiatan Jum’at bersih itu dilaksanakan maka dilanjut dengan senam pagi oleh ibu-ibu PKK Desa Wringinanom beserta mahasiswi KSM-T UNISMA. Dengan adanya kegiatan Jum’at bersih tersebut dapat diharapkan menjadi budaya dan rutinitas warga sekitar, dikarenakan hal tersebut dapat berkembang dan menjadi kegiatan Jum’at sehat. Karena perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat, di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Bapak Bawi selaku masyarakat Dusun Besuki menuturkan bahwa “Lingkungan tempat tinggal yang sehat tentunya akan menumbuhkan kenyamanan berumah tangga”. Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jum’at bersih tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa memiliki di lingkungan sekitar akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana masyarakat sekitar dan tempat beribadah terasa nyaman dengan terpelihara kebersihannya secara baik.

Baca juga: Jaga Kebersihan Mulai dari Lingkungan Sekitar Kita

Sebagai kewajiban memberikan contoh suatu hal yang positif, terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan pada setiap hari Jum’at. Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat akan melihat, dan hal ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Penulis: Mahasiswa KSM-T Kelompok 7 Ds. Wringinanom, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang 2024

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Umi Kalsum., M. P.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sibiren.com lahir dari jalanan, rahim kandung peradaban, tanpa beraffiliasi ke organisasi manapun, Kami berkomitmen menjaga independensi dalam setiap gerakan.

Merawat budaya, Menghidupkan tradisi ilmiah dan Mengutamakan kemanusiaan adalah kunci utama dalam membangun jembatan menuju Peradaban Indonesia yang Futurusitik. Inilah jalan kami ikhtiarkan.  Inilah jembatan kecil yang kami sebut Care For Humanity, Hone Intellectuality, Strengthen Spirituality

Sibiren.com dengan semangat ingin menyuguhkan ide yang beragam dalam Indonesia kita. Solidaritas, Intelektualitas dan Spiritualitas adalah 3 hal utama yang menjadi fokus kita untuk di perkuat di Bumi Nusantara sebagai Ikhtiar menuju Bangsa yang memiliki Peradaban Maju.