AKSI REBOISASI IMJ UNISMA BERSAMA MASYARAKAT DESA SUMBERAJI 
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
(Sumber: Dokumen pribadi)

Desa Sumberaji yang berada di pelosok Kabupaten Jombang perbatasan Kabupaten Lamongan, memiliki struktur tanah yang kurang baik untuk pertanian. Menurut warga sekitar, tanah yang ada di desa mereka merupakan tanah yang bergerak. Namun, bukan berarti tidak bisa ditanami sama sekali.

Masyarakat Sumberaji memberikan kesempatan kepada teman-teman Mahasiswa IMJ UNISMA untuk dapat menemukan solusi atas masalah yang dihadapi di desa tersebut. Menanam pohon berbuah jangka panjang, adalah salah satu bentuk solusi yang dicanangkan oleh Mahasiswa IMJ UNISMA dengan tujuan dapat mengurangi resiko tanah bergerak.

Baca juga: TANAMKAN RASA PEDULI, IMJ UNISMA BERBAGI KE MASYARAKAT DESA SUMBERAJI 

“Kegiatan reboisasi yang dilakukan oleh IMJ UNISMA adalah bentuk kegiatan untuk menjaga kelestarian alam di Desa Sumberaji. Dimana kegiatan tersebut dilakukan di 3 tempat, yaitu SD Sumberaji 1, Sendang (Sebutan masyarakat yang disematkan kepada sumber mata air yang ada disana) dan Balai Desa Sumberaji. Dari ketiga tempat tersebut, mahasiswa IMJ UNISMA menjadi fasilitator untuk mengajak baik kepada siswa, warga desa dan Badan Pengurus Desa untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan melalui menanam tumbuhan dan bibit pohon , yang nantinya akan tumbuh subur dan memberikan manfaat untuk warga setempat.” Tutur Nafadzila Wahyuniar Asri, selaku koordinator kegiatan.

Aksi reboisasi ini berlangsung pada pagi hari, Ahad 12 Februari 2023 yang juga merupakan hari terakhir kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa IMJ UNISMA.

Menurut warga dan guru setempat kegiatan ini sangatlah baik, selain untuk melestarikan dan memperindah lingkungan Desa Sumberaji, kegiatan tersebut juga menanamkan rasa cinta dan peduli lingkungan sekitar kepada siswa SD Sumberaji 1 yang harapannya dapat diterapkan sampai kapanpun dan dimanapun mereka berada nanti.

Pewarta: M. Jamal Mubarok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sibiren.com lahir dari jalanan, rahim kandung peradaban, tanpa beraffiliasi ke organisasi manapun, Kami berkomitmen menjaga independensi dalam setiap gerakan.

Merawat budaya, Menghidupkan tradisi ilmiah dan Mengutamakan kemanusiaan adalah kunci utama dalam membangun jembatan menuju Peradaban Indonesia yang Futurusitik. Inilah jalan kami ikhtiarkan.  Inilah jembatan kecil yang kami sebut Care For Humanity, Hone Intellectuality, Strengthen Spirituality

Sibiren.com dengan semangat ingin menyuguhkan ide yang beragam dalam Indonesia kita. Solidaritas, Intelektualitas dan Spiritualitas adalah 3 hal utama yang menjadi fokus kita untuk di perkuat di Bumi Nusantara sebagai Ikhtiar menuju Bangsa yang memiliki Peradaban Maju.