Sikapi Polemik RKUHP, Aliansi Unisma Raya Gelar Aksi Simbolik
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Para demonstran membacakan tuntutannya

Mahasiswa Unisma kembali menghidupkan gerakan Pro Rakyat dengan gelaran aksi simbolik yang dilakukannya.

Kegiatan itu terlaksana melihat RKUHP yang kian tak jelas dan masih terdapat beberapa pasal yang perlu dikaji ulang, sehingga korelatif dengan kepentingan rakyat, minggu 03/07/2022.

Mahasiswa Unisma dalam hal ini sebagai penggerak suara rakyat sangat begitu antusias, hal itu dibuktikan dengan kehadirannya dilokasi aksi yang terdiri dari berbagai jurusan.

Farhan ketua koordinator lapangan aksi simbolik Aliansi Unisma Raya, menyampaikan bahwa adanya gerakan ini atas kajian yang sudah lama dan melihat perkembangan RKUHP tak kunjung menemukan titik penyelesaiannya. Maka dari itu kami rasa mahasiswa sebagai kaum intelektual harus bergerak menyuarakan kepentingan rakyat.

“Gerakan ini akan terus berkelanjutan sampai suara kami didengar oleh pemerintah, Tegasnya.

Adapun beberapa tuntutannya ialah

1. Mendesak Presiden dan DPR RI untuk segera membuka draf terbaru RKUHP ke publik sebagaimana dalam permenkunham Nomor 11 tahun 2021 tentantang tata cara konsultasi publik dalam pembentukan peraturan perundang-undangan serta melakukan pembahasan rkuhp secara transparan dengan menjujung tinggi partisipasi pubik

2. Menuntut presiden dan DPR RI untuk membahas kembali pasal-pasal bermasalah yang dinilai tidak pro terhadap demokrasi dan kepentingan rakyat dalam RKUHP

3. Menuntut DPR mendengarkan, mempertimbangkan, dan memberikan respons atas aspirasi yang diajukan oleh masyarakat, terutama kelompok rentan dan kelompok yang akan terdampak dengan ketentuan dalam RKUHP

“Dengan ini kami menuntut pemerintah dan DPR RI untuk segera mempublikasikan draft RKUHP terbaru kepada publik. Lalu membahas kebali pasal-pasal yang di nilai tidak pro terhadap kepentingan rakyat serta mengikut sertakan masyarakat dalam mengawalnya,” Pungkasnya Farhan saat diwawancarai oleh awak media.

Pewarta: Hainor Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sibiren.com lahir dari jalanan, rahim kandung peradaban, tanpa beraffiliasi ke organisasi manapun, Kami berkomitmen menjaga independensi dalam setiap gerakan.

Merawat budaya, Menghidupkan tradisi ilmiah dan Mengutamakan kemanusiaan adalah kunci utama dalam membangun jembatan menuju Peradaban Indonesia yang Futurusitik. Inilah jalan kami ikhtiarkan.  Inilah jembatan kecil yang kami sebut Care For Humanity, Hone Intellectuality, Strengthen Spirituality

Sibiren.com dengan semangat ingin menyuguhkan ide yang beragam dalam Indonesia kita. Solidaritas, Intelektualitas dan Spiritualitas adalah 3 hal utama yang menjadi fokus kita untuk di perkuat di Bumi Nusantara sebagai Ikhtiar menuju Bangsa yang memiliki Peradaban Maju.